Minggu, 22 Maret 2015

PERPUSTAKAAN DAN DOKUMENTASI BALAI BAHASA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Jalan I Dewa Nyoman Oka 34, Yogyakarta 55224
Telepon (0274) 562070, Faks (0274) 5806687
Laman: www.balaibahasa.org

Latar belakang balai bahasa : Perpustakaan adalah lembaga yang menyediakan sumber informasi dan ilmu pengetahuan supaya dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan rekreasi intelektual oleh masyarakat. Setiap perpustakaan didirikan dengan tujuan tertentu dan dilandasi oleh visi dan misi tersebut. Oleh karena itu, muncul berbagai jenis perpustakaan, misalnya perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan tinggi. Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan institusi pemerintah mempunyai tugas melaksanakan pengkajian, pengembangan, dan pembinaan kebahasa dan kesastraan. Tugas ini membutuhkan berbagi hal, salah satunya adalah buku-buku kebahasaan dan kesastraan sebagai referensi yang dikelola oleh perpustakaan.

Sistem Layanan : Perpustakaan Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan sistem layanan tertutup. Dalam layanan ini, pemustaka tidak diizinkan mengambil koleksi sendiri. Koleksi yang dibutuhkan diambilkan oleh petugas setelah pemustaka menyerahkan catatan kode koleksi dari katalog. Khusus pemustaka dari luar (bukan pegawai Balai Bahasa), koleksi hanya bisa dibaca di ruang baca perpustakaan sehingga pemustaka tidak perlu menjadi anggota perpustakaan. Apabila menginginkan koleksi tersebut, perpustakaan menyediakan jasa layanan fotocopy dengan syarat bahwa fisik koleksi masih dalam keadaan baik. Layanan fotocopy ini tidak berlaku bagi koleksi manuskrip / koleksi langka.

Failitas : Koleksi, Katalog OPAC (Online Public Access Catalogue), Internet, Ruang baca, Loker, Jasa fotocopy, bimbingan pembaca.

Katalog Online : Koleksi perpustakaan Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dapat diakses secara online melalui web www.balaibahasa.org (klik portal Perpustakaan). Program otomatis katalog perpustakaan hanya menyediakan akses untuk mengetahui informasi koleksi dan data bibliografi serta anotasinya. Penelusuran koleksi tersebut dapat diakses melaui pengarang, judul, subjek, dan kata kunci.

Jenis layanan : Layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan penelusuran informasi, dan layanan fotocopy.

Jenis koleksi : Buku, Hasil Penelitian, Makalah (e-makalah), Skripsi, Tesis, Manuskrip, Transliterasi (e-manuskrip), Kamus Glosarium, Tesaurus, Ensiklopedi, Jurnal (e-jurnal), Majalah, Nonbuku (cd, audio dan video), Kliping (e-kliping), dan disertai Peta Bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar